Adsense Indonesia

Sabtu, 22 Februari 2014

SELINTAS TENTANG BIRO KEMAHASISWAAN DAN ALUMNI UNIBBA


BIRO ADMINISTRASI KEMAHASISWAAN DAN ALUMNI
UNIVERSITAS BALE BANDUNG ( UNIBBA )




Dikepalai oleh ibu. R. Rinayanti Laila Nurwulan, Dra. dibantu oleh bapak Koswara, SP. sebagai Kabag. Administrasi Kemahasiswaan dan Alumni. Bertugas Sejak 29 November 2012. 


                  
Biro Administrasi Kemahasiswaan dan Alumni
                  



Biro Administrasi Kemahasiswaan dan Alumni (BAKA) atau sering juga disebut Biro 3, adalah unit kerja yang menangani seluruh administrasi, dinamika dan problematika  kemahasiswaan dan alumni, kerjasama dan beasiswa sekaligus pelaksana administrasi ekstrakulikuler mahasiswa dan alumni yang bertanggung jawab pada Pimpinan Universitas Bale Bandung dalam hal ini Wakil Rektor 3. Biro ini pun bertanggung jawab untuk mengarahkan, membina dan mengembangkan karakter mahasiswa unggul dan  menyadari pentingnya mendasari mahasiswa tentang nilai-nilai moralitas dan intelektualitas yang menjunjung tinggi moral keimanan sebagai bangsa yang beragama dan ideologi Pancasila serta membentuk karakter mahasiswa yang berkepribadian mantap, berwawasan kebangsaan yang tangguh, mempunyai  pemahaman kebudayaan yang matang, dan berjiwa kepemimpinan yang mandiri, mempunyai cakrawala pemikiran progresif-inovatif-inspiratif, disamping memiliki  sikap juang yang pantang menyerah dan militan dalam menghadapi problematika kehidupan.

Pembentukan karakter mahasiswa dan alumni ini akan merupakan target internalisasi nilai-nilai dan kegiatan normatif sehingga hasil akhir berbagai program kegiatan, adalah terciptanya lulusan profesional berkarakter mandiri dan dan tangguh dalam masyarakat serta menjadi alumni yang mampu memenangkan kompetisi dalam dunia kerja serta alumni yang berperan besar dalam ikut serta menentukan arah masa depan bangsa.

Program pembentukan karakter ini dapat ditempuh melalui berbagai kegiatan pelatihan yang penyelenggaraannya dapat dilakukan secara mandiri/internal maupun dilakukan dengan melalui kerjasama dengan pihak ke-3 (sponsor yang yang tidak mengikat).

Program kerja prioritas berikutnya adalah komunikasi dan konsolidasi yang intensif dengan alumni, dalam hal ini alumni harus ditempatkan sebagai mitra kerja untuk secara bersama-sama terus mengembangkan sumber daya manusia dengan pengetahuan praktis  Survival of life dalam etos kehidupan yang luas yang akan bermanfaat untuk memenangkan pertarungan di berbagai kompetisi kehidupan dalam dunia kerja, ekonomi kewirausahaan, politik, dan budaya.

Pengembangan dan pengelolaan beasiswa dari pemerintah dan kerjasama dengan pihak ke-3 (sponsor yang tidak mengikat)  merupakan tugas penting berikutnya, bukan saja hanya sekedar menyalurkan-mengurus administrasi program beasiswa yang sudah ada, namun harus berupaya menambah kuantitas, kualitas dan jejaring kerjasama pemberi beasiswa, dalam kerangka memberikan kesejahteraan kepada Mahasiswa. Dalam hal ini  BAKA harus  secara intensif menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga/perusahaan untuk secara bersama-sama merancang program beasiswa secara komprehensif, sehingga  mahasiswa  penerima beasiswa sebagai agent of change mampu menjadi output yang memiliki nilai positif  bagi lembaga/universitas dan stake holders. Pelayanan yang baik dan terpadu,  pendataan dan sistem administrasi yang rapi, sistem alur birokrasi yang ramah, informatif, pelayanan yang mudah dan cepat bagi mahasiswa dan alumni serta mitra kerja BAKA akan membantu meningkatnya pencitraan terhadap Universitas Bale Bandung, sebagai universitas kebanggaan masyarakat Bandung selatan, khususnya, nasional, internasional pada umumnya. Oleh karenanya struktur, sistematika kerja  dan pembagian tugas harus jelas dan dilaksanakan secara disiplin, dedikasi dan penuh tanggungjawab.

Adapun organisasi kemahasiswaan yang diselenggarakan di Universitas Bale Bandung mengacu kepada prinsip  dari, untuk, dan oleh mahasiswa dengan memberikan peranan dan keleluasaan kepada mahasiswa, dengan tetap mengacu pada rambu-rabu yang berlaku di lingkungan Perguruan Tinggi pada umumnya.
  
Lembaga Organisasi Kemahasiswaan di Universitas Bale Bandung terdiri dari :
a.   Badan eksekutif Mahasiswa (BEM)
b.   Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM).
c.    Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)
d.   Himpunan Mahasiswa Program Studi ( HIMAPRODI)

Sejak berdiri tanggal 29 November 2012, kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan oleh Biro Administrasi Kemahasiswaan dan Alumni ( BAKA / Biro3 ) Universitas Bale Bandung adalah sebagai berikut : 
1.   Seminar Sehari tema “ Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan " Kerjasama dengan LVRI Jawa Barat pada bulan April 2013.  
2.   Pembinaan dan Pengembangan BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) dan DPM (Dewan Perwakilan Mahasiswa), khususnya membina kegiatan MPLK (Masa Pengenalan lingkungan Kampus), LDKM (Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa), pengarahan penyelenggaraan seminar kemahasiswaan/generasi muda, pelatihan-pelatihan organisasi kemahasiswaan, dan sebagainya.
3.   Pembinaan dan pengembangan Pramuka Gugus Depan 11187 - 11188 Pangkalan Universitas Bale Bandung, Ambalan dan Racana (Ambacana) Tumenggung Wira Angun-Angun dan Dewi Sumur Bandung.
Kegiatan yang telah dan sedang dilakukan :
  1. Latihan rutin Ambacana setiap hari sabtu
  2. Partisipasi dalam Gebyar Pramuka Pribadi Bangsaku Kwartir Cabang (Kwarcab) Kab. Bandung di Gambung, Ciwidey.
  3. Partisipasi dalam Raimuna Daerah Kwarda Jawa Barat, di Bumi Perkemahan Jatinangor, Sumedang.
  4. Buka Puasa bersama dan Pemberian THR Bagi Anak Yatim dan Kaum Dhuafa, Juli 2013
  5. Peserta KMD (Kursus Mahir Dasar) Pembina Pramuka Berbasis Elektronik yang diselenggarakan Kwarda Jawa Barat.
  6. Bakti Sosial di lingkungan kampus Universitas Bale Bandung memperingati Hari Pandu Dunia  22 Pebruari 2014.
4.   Pembinaan Paduan Suara dan Angklung Baleb’Art UNIBBA
Paduan Suara dan Angklung Baleb’Art merupakan lingkung seni yang semula hanya berupa kegiatan Paduan suara dan angklung yang diselenggarakan dalam rangka mengisi acara Wisuda, Penerimaan Mahasiswa baru dan kegiatan-kegiatan seremonial lainnya seperti penerimaan  tamu atau berpartisipasi dalam eksebisi atau lomba di luar kampus.
Kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan :
  1. Mengisi Acara Wisuda 2012 dan 2013.
  2. Mengisi acara Milangkala YPBB ke-33 dan Festival Seni 2013
  3. Mengisi acara Masa Pengenalan Lingkungan Kampus/MPLK 2012, 2013.
  4. Partisipasi dalam Angklung Vaganza di Balai Kota Bandung 2012.
  5. Partisipasi dalam Angklung Days  di Gedung Sate 2012.
  6. Partisipasi dalam Angklung Day di Gedung Sate 2013
  7. Partisipasi dalam Pemecahan Rekor Muri Angklung Massal di “The Jungle Fest” Bogor 2013.
5.   MAPALA Cantigi 
Adalah Kelompok Mahasiswa Pecinta Alam yang berada di bawah naungan Universitas sebagai wadah bagi mahasiswa / kaum muda yang mempunyai minat dan kepedulian terhadap alam sekitar dan  pelestariannya. 
Selain itu BAKA juga membina Mapala yang terdapat di tingkat fakultas yakni, MAPALA KEPAK yang ada di lingkungan FKIP Universitas Bale Bandung, Meskipun secara langsung menjadi tanggung jawab Wakil Dekan 3 FKIP.
Kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan oleh MAPALA Cantigi diantaranya :
  1. Diklatsar (Pendidikan dan Latihan Dasar) untuk calon anggota baru, dilaksanakan satu tahun sekali.
  2. Partisipasi dalam Posko Bencana Alam 
  3. Penanaman pohon pada lahan-lahan kritis
  4. Kegiatan pemeliharaan lingkungan alam sekitar dalam partisipasi “Gerakan Menanam Sejuta Pohon” di Pangalengan.
  5. Pendakian beberapa Puncak Pegunungan seperti : Gn. Gede-Pangrango, Gn Semeru, Gn. Rinjani, Gn. Bukit Tunggul, dsb.
Untuk lebih jelas dan mendetail tentang MAPALA CANTIGI UNIBBA bisa dilihat pada link berikut : https://www.facebook.com/mapala.cantigi/
6.   WIBISMAN
UKM WIBISMAN adalah salah satu wadah di Universitas Bale Bandung bagi mahasiswa yang mempunyai minat untuk belajar dan mengetahui seluk beluk dunia wirausaha, khususnya yang dijalani oleh kaum muda. Berawal dari kegiatan mahasiswa tingkat fakultas yang dirintis dan dipelopori oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi UNIBBA yang didukung penuh oleh seluruh civitas akademika Fakultas Ekonomi UNIBBA termasuk jajaran pengurus Fakultas Ekonomi UNIBBA.
Untuk lebih jelas dan mendetail tentang WIBISMAN bisa dilihat pada link blog / website UKM tersebut sebagai berikut : http://wibisman-unibba.blogspot.com/2012/02/tentang-wibisman-unibba.html
 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dimohon dengan hormat semua komentar / saran hendaknya menggunakan kata / kalimat yang pantas dan layak karena ini blog akademis. Terima kasih. Hormat Kami,


BIRO ADMINISTRASI KEMAHASISWAAN DAN ALUMNI ( MASTER ADMIN )